Rabu, 25 September 2013

Cara Membuat Blog | Blogger

Membuat Blog di Blogger


Bagi teman – teman yag ingin membuat blog, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana membuat blog dengan mudah dan cepat. Sebenarnya banyak situs yang menyediakan layanan blog gratis, salah satunya wordpress.com. Tetapi, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog di blogger.com ( blogspot ).

Sebelumnya, perlu sedikit teman - teman ketahui blog adalah singkatan dari "web log" yaitu aplikasi web berupa tulisan - tulisan ( dimuat sebagai postingan ) pada sebuah halaman web. Pemilik blog disebut blogger. Blog biasanya berisi mencurahkan pemikiran baik tulisan, gambar, foto, desain yang diinginkan oleh si pemilik blog. tulisan - tulisan yang dimuat biasanya dalam urutan terbalik, maksudnya tulisan isi terbaru dahulu kemudian diikuti tulisan isi yang lebih lama. Situs web seperti blog dapat diakses oleh semua pengguna internet.
Blogger merupakan salah satu penyedian layanan blog gratis di Google. Didukung oleh javascript sehingga kita bisa memperindah tampilan blog kita dengan menambah widget didalamnya.

Berikut cara membuat blog di blogger :


Syarat utama membuat sebuah blog adalah memiliki akun email yang masih aktif. Jika belum, teman - teman bisa buat di Gmail atau Yahoo. Tetapi, saya menganjurkan lebih baik menggunakan Gmail, alasannya jika kita sudah memiliki Gmail maka kita bisa langsung membuat blog di blogger.
1.  Buka http://blogger.com/

2. Bagi yang sudah memiliki akun Gmail, teman - teman bisa log in menggunakan username/nama pengguna dan password. Jika belum mempunyai akun Gmail, teman - teman mengisi formulir data seperti :
  • Nama tampilan : isi dengan nama yang akan ditampilkan pada profile blog
  • Jenis Kelamin : pilih jenis kelamin 
  • Penerimaan Persyaratan : Cek sebagai tanda teman - teman setuju dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak blogger. Sebaiknya baca terlebih dahulu persyaratan dan ketentuan yang diberikan pihak blogger agar mengerti.
3.  Kemudian lanjutkan dan klik " Blog Baru "
4.  Isi formulir blog dengan form yang disediakan, seperti :
  • Judul : Isi dengan judul blog yang diinginkan
  • Alamat : isi dengan alamat blog yang diinginkan.
  • Template : pilih template (tampilan blog) yang disukai.
5. Setelah selesai mengisi form, klik " Buat Blog "
6. Pada tahap ini, blog teman - teman sudah selesai dibuat. Tetapi, untuk menghindari anggapan spam, teman - teman harus membuat tulisan atau artikel minimal satu postingan. Berikut cara singkatnya.
     1. Klik tulisan " Mulai memposkan "
     2. Isi judul dan artikel yang ingin teman - teman poskan.
     3. Jika sudah selesai, teman - teman bisa klik " Publikasikan "


Selamat mencoba teman - teman, semoga berhasil ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar