Selasa, 08 Oktober 2013

Cara Membuat Sebuah Buku dari Microsoft Word


     Membuat sebuah buku adalah pekerjaan yang menyenangkan. Mulai dari mengarangnya sampai mendesain buku tersebut untuk terlihat lebih menarik membutuhkan kreativitas. Kali ini saya akan berbagi ilmu pengetahuan tentang “ Cara Membuat Sebuah Buku “. Membuat buku yang saya maksud disini adalah tata cara membuat tampilan dari buku tersebut agar terlihat menarik, bukan dari segi mengarangnya.

     Tentu saja aplikasi yang akan digunakan adalah Microsoft Word. Dari sini kita bisa membuat desain atau tampilan buku lebih menarik sesuai dengan yang kita inginkan. Dalam membuat tampilan sebuah buku, kita bisa mengisinya dengan berblagai aplikasi tambahan-tambahan yang mungkin saja kita butuhkan ketika membuat buku, seperti tabe, rumus-rumus dan lain-lain. Langkah-langkah untuk membuatnya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah untuk membuat sebuah buku menggunakan Microsoft Word :

  1. Membuat Cover

    Untuk membuat cover buku, teman-teman silahkan klik insert => pages => cover page.





    Silahkan pilih cover page sesuai dengan yang teman-teman inginkan. Setelah selesai, maka teman-teman akan disuruh mengisi judul buku, penulis, tahun pembuatan dan lain–lain. Tapi itu semua tergantung pada jenis tema cover yang dipilih.






  2. Daftar Isi

    Setelah selesai membuat cover buku, langkah selanjtunya adalah membuat daftar isi. Caranya adalah klik references => table of contents => manual table.
    Dalam membuat daftar isi, teman-teman bebas ingin memilih bentuk automatic table 1, automatic table 2, atau manual table.




  3. Equation

    Equation merupakan aplikasi dari Microsoft Word yang digunakan untuk menulis sebuah rumus tertentu. Misalnya jika kita akan membuat sebuah buku atau mengerjakan tugas yang didalamnya menggunakan rumus-rumus matematika dan sains, kita bisa menggunakan equation. Untuk menambahkan equation, teman-teman bisa klik insert => symbols => equation.





  4. Header – Footer

    Header atau footer adalah teks atau grafis yang biasanya dicetak di bagian atas atau bawah dari setiap halaman dalam kumpulan dokumen. Header dicetak dalam margin atas, sedangkan footer dicetak di bawah margin.
    Cara membuat header : insert => header. Pilihlah tata letak header yang teman-teman inginkan dan untuk melihat hasilnya, silahkan klik 2x pada daerah header dan footer yang terlihat redup.




    Cara membuat footer  : insert => footer.



  5. Watermark

    Watermark merupakan teks atau gambar yang muncul di bagian latar dokumen, yang berguna untuk menambah daya tarik atau memberikan identitas pada dokumen tersebut. Caranya klik page layout => page background => watermark. Kita bisa mengubah kata-kata dalam watermark tersebut dengan mengklik custom watermark lalu ok.






  6. Kolom Koran + Dropcap

    Kolom koran disini maksudnya adalah membuat tampilan halaman seperti tampilan koran. Caranya adalah klik page layout => page setup => columns => two.




    Dropcap maksudnya adalah huruf atau kata pertama dalam paragraph yang di tampilkan lebih besar dan mencolok. Hal tersebut dimaksudkan hanya untuk menambah daya tarik pembaca. Caranya adalah klik insert => text => dropcap.



  7. Tabel

    Untuk membuat table caranya sangat mudah sekali, yaitu insert => table. Setelah itu, teman-teman menentukan kolom pada number of columns dan baris pada number of rows sesuai dengan yang diinginkan, lalu ok.



    Dalam membuat table, biasanya kita ingin membuat table yang menyatu antarkolom atau antarbaris. Caranya adalah block kolom atau baris yang akan dijadikan satu, kemudian klik tabel tools => layout => merge cells.




  8.  Footnote

    Footnote atau catatan kaki adalah keterangan yang dicantumkan dibawah yang sering digunakan dihalaman sebuah buku, majalah atau artikel dan biasanya tulisannya lebih kecil dari ukuran font yang digunakan ketika menulis. Cara menambahkan footnote adalah klik references => footnote.





     
  9. Bullets and Numbering

    Bullets and numbering adalah aplikasi Microsoft Word yang digunakan untuk menambahkan angka dan tanda ketika kita akan mengetik sebuah poin-poin tertentu dalam sebuah pokok bahasan. Bullets and numbering terlatak pada toolbar home atau bisa juga klik kanan, lalu pilih bullets atau numbering.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar