Rabu, 23 Oktober 2013

Teknologi Informasi | Identifikasi Hardware

Identifikasi Hardware pada Laptop


Perbedaan
TOSHIBA
ACER
OS
Windows 7 Home Premium 64-bit SP1
Windows 7 Home Premium 64-bit
CPU
Intel Core i7 2630QM @ 2.00GHz  43 °C
Sandy Bridge 32nm Technology
Intel Core i3 330M @ 2.13GHz  47 °C
Arrandale 32nm Technology
RAM
6.00GB Dual-Channel DDR3 @ 665MHz (9-9-9-24)
2.00GB Single-Channel DDR3 @ 532MHz (7-7-7-20)
Motherboard
Intel Corp. Base Board Product Name (CPU1)
Acer Aspire 4741 (CPU 1)  50 °C
Graphics
Generic PnP Monitor (1366x768@60Hz)
Intel HD Graphics Family (Toshiba)
Generic PnP Monitor (1366x768@60Hz)
512MB NVIDIA GeForce 310M (Acer Incorporated [ALI])
Hard Drives
699GB Hitachi HTS547575A9E384 (SATA)  34 °C
466GB Western Digital WDC WD5000BEVT-22A0RT0 (SATA)
Optical Drives
MATSHITA DVD-RAM UJ8B0
IJOTCB 4DQ7CXQJ SCSI CdRom Device
HL-DT-ST DVDRAM GT31N
Audio
Conexant SmartAudio HD
Realtek High Definition Audio


Kesimpulan dari Identifikasi Hardware




Processor/CPU : 
Pengertian Processor adalah komponen komputer yang meupakan sebagai otak yang mejalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama prangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Processor makan akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses, dengan kapasitas processor yang besar dan didukung oleh memori atau ram yang besar juga akan membantu setiap pengerjaan intruksi dengan cepat.
Fungsi utama Processor (CPU) adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer.
http://www.ilmumu.com/pengetahuan/pengertian-processor-dan-fungsi-processor-cpu/
  • Chipset :
    untuk mengontrol input dan output (masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer.
  • Socket :
    interface atau tempat untuk meletakkan processor pada motherboardSocket processor yang pilih akan menentukan processor apa yang sesuai dengan motherboard.
  • Speed :berfungsi untuk mempercepat cara kerja laptop.
Memory/RAM :
Pengertian RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori, Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Fungsi RAM sebagai media penyimpanan RAM sangatlah berperan penting dalam suatu teknologi khusuya komputer, Fungsi Ram Pada Komputer berfungsi sebagai media penyimpanan sementara pada saat komputer atau teknologi tersebut dalam keadaan hidup, namun apabila komputer merestart makan data yang tersimpan dalam RAM akan hilang.
http://www.ilmumu.com/pengetahuan/pengertian-ram-dan-fungsi-ram-pada-komputer/
  • Chipset :
    menganaliasai dan mengkonfigurasi selulruh perangkat yang berada pada memori.
  • Speed :
    untuk menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari
    peranti pengingat sekunder dengan mudah dan cepat.
Motherboard :
Pengertian Motherboard adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA).
Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi.http://ebookservicekomputer.blogspot.com/2013/09/pengertian-dan-fungsi-motherboard.html
  • Chipset :
    Merupakan sebuah IC yang berfungsi untuk mengontrol penggunaan daya dan transfer dapat pada soket maupun port yang terpasang pada motherboard.
  • Slot :
    tempat pada motherboard yang digunakan untuk card tambahan.PCI (Peripheral Component Interconnect) merupakan bus yang tidak tergantung pada prosesor dan bandwidth tinggi yang berfungsi sebagai bus peripheral. Terbagi menjadi 2 yaitu slot expansi dan slot memori.
  • South Bridge : yaitu bagian dari chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya.
    Southbridge berhubungan dengan pheriperal, memalui jalur penghubung yang kecepatannya (kecepatan bus) lebih lambat (misalnya bus PCI dan bus ISA) dibandingkan jalur penghubung yang digunakan oleh northbridge.
Hard Drive :
HDD (Hard Disk Drive) atau yang biasa disebut dengan hardisk  berfungsi sebagai media penyimpan data dalam computer yang bersifat permanen selama HDD tersebut tidak rusak, baik berupa data umum ataupun data system itu sendiri seperti windows, linux, macintos dll. Disitulah seluruh system operasi dan data-data dijalankan. Data dapat disimpan dalam HDD dengan klasifikasi / pengelompokan data lewat folder  sesuai yang kita inginkan, didalam folder pun dapat di kelompokan lagi menjadi folder-folder lain yang disebut subfolder.
http://komputerhardisk.wordpress.com/2012/02/18/pengertian-dan-fungsi-hard-disk-drive/ 
  • Chipset :
    memanage arus data . Semua data yang dibutuhkan atau membutuhkan oleh komponen anda yang butuh di salurkan.

Network Card :

Network Interface Card (NIC) berfungsi sebagai Interface Fisik atau penghubung antar komputer menggunakan kabel jaringan ke peralatan penghubung. Card dipasang pada slot tambahan yang terdapat di masing-masing komputer. Setelah card terpasang, pasangkan kabel jaringan ke port yang terdapat pada NIC agar komputer yang satu dengan yang lain dapat terhubung secara fisik. 
http://alhijrahac.blogspot.com/2009/05/network-interface-card.html 
  • Chipset :
    berfungsi mengatur aliran jaringan internet pada laptop.

Graphic : 
Pengertian Graphics processing unit atau GPU (atau biasa juga disebut visual processing unit atau VPU) adalah sebuah prossesor khusus untuk untuk bagian grafis 3D dari microprocessor. Alat ini digunakan di sistem benamtelepon genggamkomputer pribadisworkstation, dan konsol game. GPU Moderen sangat efisien dalam memanipulasi komputer grafis dan struktur paralel, membuatnya lebih efektif dari fungsi umum CPU yang digunakan untuk bebagai perhitungan alogaritma. Pada komputer pribadi (PC), GPU biasanya terdapat di video card atau di motherboard. Lebih dari komputer desktop dan notebook mempunyai GPU yang terintegrasi, yang biasanya jauh daripada yang ada di video card.
http://id.wikipedia.org/wiki/Graphics_processing_unit

Peripheral : 
Pengertian peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless.
Fungsi peripheral, yaitu bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
http://ahmadlutfi99.blogspot.com/2012/10/pengertian-periferal-dan-fungsinya.html


1 komentar: